Posts filed under ‘Cooking’

Coklat hangat aroma rempah

Klo hawa Bandung lagi dingin-dinginnya atau pikiran lagi mumet atau tugas lagi numpuk, salah satu obat yang mujarab buat si gue adalah coklat hanget.
Muantaab tenan.. Menghangatkan sekaligus relaksasi.. 🙂

Minuman seduhan coklat mudah dibuat. Coklat panas serbuk dalam bentuk saset memang sudah banyak ditemui di supermarket dalam beberapa merek, ya tinggal beli aja, walau rada mahal euy, hehe.. #curhat

Biar rasa coklat panas itu ga biasa (ga rasa coklat pure), plus lebih menggiurkan aromanya, plus juga lebih menyehatkan, coba deh ditambah beberapa rempah. Walau buatnya rada ribet (ga hanya nuangin coklat saset trus ditambah air panas), tapi hasilnya menurut saya sih muaaantaab.

Caranya gimana? Kalau saya sih begini..

Rebus air hingga mendidih (atau bisa juga langsung gunakan air panas) kira-kira 2 gelas, lalu masukkan kayu manis, cengkeh, dan jahe bakar yang sudah dimemarkan secukupnya. Ukurannya, saya sih kira-kira aja, hehe.. Cengkeh sekitar 2 butir, jahe sekitar satu buku jari, kayu manis sekitar 2 cm. Atau bisa juga gunakan kayu manis, cengkeh, dan jahe bubuk yang sudah siap pakai (banyaknya suka-suka aja by feeling). Tunggu sampai aromanya keluar, lalu masukan satu saset coklat (atau bisa juga coklat bubuk, tapi risikonya jadi lebih pahit, tambahin gula aja), satu bungkus vanili, dan  gula sesuai selera. Kalau suka susu, bisa juga ditambahkan sedikit susu bubuk atau menggunakan susu cair sebagai pengganti air. Terakhir, tuang ke dalam dua gelas. Jadi deh coklat panas beraroma rempah buat berdua.

Satu saset coklat jadi dua gelas coklat panas beraroma rempah, irit dan lebih berkhasiat bukan? 🙂

June 7, 2012 at 8:29 pm Leave a comment

Resep Klappertaart Wilton

Kepingin buat kue ini nih setelah ketagihan ngicipin pas beli di Bogor..
Berhubung dapet resepnya secara tak sengaja dari sini, jadi kutitipkan dulu di blog buat dipraktekan ketika ada bahan2 dan waktu luang, aheeey.. 😀

Bahan :
1000 cc susu cair
250 gr Gula kastor
50 gr Tepung terigu
50 gr Tepung custard
50 gr Maizena
150 gr Mentega
6 btr Kuning telur; note by Riana: bisa ditambah max 3 btr
2 btr Kelapa muda; note by Shirley: tambah 1-2 butir lagi
100 gr Kenari panggang cincang
Kayu manis bubuk dengan takaran sesuai selera
Pasta Vanilla

Topping:
6 btr Putih telur
4 sdm Gula kastor
2 sdm Tepung terigu
Kismis direndam air hangat, peras
Kayu manis bubuk

Cara membuat:
Lapisan pertama

  • Panaskan 800 cc susu cair dan gula pasir
  • Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc susu cair, pastikan larut sempurna
  • Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup.
  • Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
  • Masukkan kenari dan kayu manis bubuk dan pasta vanilla
  • Masukkan kuning telur satu persatu
  • Masukkan kerukan daging kelapa muda, aduk rata
  • Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi. Bakar dengan cara ditim (au bain marie) selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang.

Topping

  • Kocok putih telur dengan mixer, gula dimasukkan sedikit sedikit sampai kaku
  • Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
  • Semprotkan topping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk (kerjakan ini dengan cepat karena oven tetap menyala saat topping ditambahkan)
  • Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan.

Beberapa tips :

  • Pada saat memanaskan susu cair dan gula, pastikan campuran sudah benar-benar panas (ada buih2 di pinggirannya) sebelum memasukan larutan tepung. Kalo belum panas adonannya nanti ga bisa mengental (ini juga hasil browsing2, hehehe)
  • Pada saat membuat larutan tepung, pastikan larut sempurna ya, jangan sampai masih ada yang bergerindil, nanti pada saat dipanaskan tambah parah gerindilannya. Caranya? Bisa dengan mengayak tepungnya terlebih dulu atau pada saat sudah jadi larutan, dituangkan dengan menggunakan saringan ke campuran susu panas,  jadi yang gerindil2nya ketahan saringan
  • Baking yang pertama ga selalu 15 menit, tergantung suhu oven. Kalo saya kemarin sekitar 25 menit baru saya kasih topping. Diliat aja kalo warna permukaannya sudah sedikit lebih tua dr warna adonan, bisa langsung dikasih topping.
  • Baking kedua tergantung juga waktunya, kemarin saya 25 menit juga.

June 1, 2012 at 7:41 pm Leave a comment


Keep in your mind that your life just for Alloh

Categories

Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.

My personality

Click to view my Personality Profile page

Blog Stats

  • 33,371 hits

Posting

Mutiara hikmah

July 2017
M T W T F S S
« Jul    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Islamic Calendar