Posts filed under ‘Parenting’

Anak istimewa

image

Sepupu kecilku lagi-lagi membuat ku takjub. Dengan keistimewaannya yang semi autis dan telat bicara, ia ternyata semakin menunjukkan pesona kelebihannya. Diam-diam mengejutkan.. Mengapa saya berkata demikian? Hingga umurnya kini yang seharusnya sudah menikmati bangku sekolah dasar dengan belajar calistung, ia masih saja harus belajar untuk berkomunikasi kepada orang-orang di sekitarnya. Perlu kesabaran dan treatment memang.

Gambar diatas adalah salah satu bukti kecerdasan terpendamnya. Diam-diam dia menggambar sebuah mobil yang tidak biasa. Biasanya seorang anak akan menggambar mobil hanya seperti mobil tampak luar dengan bentuk standar dengan detail ban. Namun, gambar diatas membuat saya terkagum-kagum dengan detailnya.

Bisa Anda tebak apa saja yang digambar seorang bocah istimewa itu? Selain ia menulis bahwa mobil tersebut adalah mobil TOYOTA KIJANG (yang entah kapan ia belajar menulis), terdapat pula berbagai detail mobil tersebut. Ada indikator pengukur kecepatan dan pengukur gas (saya ga tau apa itu namanya) lengkap dengan angkanya yang jelas, ada indikator suhu dan bensin, ada indikator lampu untuk belok kiri dan kanan, ada menu radio lengkap dengan FM AM, menu angka, stop, pause, dan play-nya, ada gambaran dashboard mobil, kaca depan, beserta spion tengah, juga menggambarkan jok mobil di bangku tengah mobil. Istimewa bukan? Saya kira kalau ikut tes psikologi bagian menggambar detail lolos deh dia, hehe..

Dibalik dunianya yang terkadang tak dimengerti orang dewasa dan terkadang dianggap sebagai suatu kelainan yang memalukan, anak istimewa seperti ini ternyata menyimpan keistimewaan yang dapat dikembangkan jika dapat diarahkan dengan benar. Contohnya ini, ia mampu menyimpang memori detail yang barangkali diluar jangkauan orang normal. Saya yang segede gini saja tidak terpikir untuk menggambar mobil detail seperti itu.

Setiap anak itu istimewa, dan buatlah ia merasa istimewa dengan kelebihannya yang dapat menyingkirkan segala bentuk kelemahannya..

Advertisements

July 14, 2013 at 12:34 am Leave a comment

Ibumu, motivasimu

Kali pertama mengikuti rapat orang tua murid, guru TK berkata kepadanya, “Anak ibu hiperaktif, bahkan tdk bisa duduk tenang lebih dari tiga menit, lebih baik ibu periksakan anak ibu ke dokter.”

Dalam perjalanan pulang ke rumah, anak itu bertanya kpd ibunya apa saja yg tadi ibu guru sampaikan kpd dirinya, sang ibu merasa sedih sekali… air mata hampir saja berderai. Krn di antara 30 anak dlm satu kelas, hanya dia yg memperlihatkan sikap paling buruk, hanya terhadap dirinya ibu guru telah menunjukkan sikap tdk ramah.

Namun sang ibu lalu berkata kpd anaknya, “Guru telah memujimu, dia mengatakan bhw kau yg semula satu menitpun tdk betah duduk di bangku, sekarang sdh bisa selama tiga menit. Para ibu yg lain sangat iri pada ibu, krn seluruh kelas hanya anak kesayangan ibu, dirimu seorang yg mendapatkan kemajuan.”

Malam harinya, anak itu memecahkan rekor telah makan dua mangkuk nasi, dan tdk perlu bantu disuapi.

(more…)

June 5, 2012 at 11:06 am Leave a comment

ASI

Untuk artikel yang satu ini adalah 11 kesitimewaan pemberian ASI pada bayi hingga usia 2 tahun. Seperti biasa artikel ini saya ambil dari Tanya ASI – HZ Lactation Center.

1. ASI adalah cairan hidup ASI mengandung daya tahan tubuh dan enzim-enzim yang dibutuhkan tubuh bayi dalam proses pencernaan makanan. Dengan begitu, nutrien yang masuk sebagian besar akan terserap oleh tubuh bayi,Berbeda dengan susu formula yang diistilahkannya sebagai cairan mati, penyerapan nutriennya sangat tergantung pada enzim penyerapan yang jumlahnya dalam usus bayi masihlah sedikit. Asal tahu saja, 1 sendok teh kolostrum memiliki nilai gizi sesuai dengan kurang lebih 30 cc formula. Usus bayi dapat menyerap 1 sendok teh kolostrum tanpa ada yang terbuang, sedangkan untuk 30 cc susu formula yang diisapnya, hanya satu sendok teh sajalah yang dapat diserap ususnya. Sisa susu formula yang tidak terserap akan menjadi sampah dalam usus bayi.

2. Menyusui bukanlah sekadar memberi makan, tapi juga mendidik anak. Sambil menyusui, eluslah si bayi dan dekaplah dengan hangat. Tindakan ini sudah dapat menimbulkan rasa aman pada bayi, sehingga kelak ia akan memiliki tingkat emosi dan spiritual yang tinggi. Ini menjadi dasar bagi pertumbuhan manusia menuju sumber daya manusia yang baik dan lebih mudah untuk menyayangi orang lain.

(more…)

January 26, 2012 at 8:08 am Leave a comment

Membangun karakter positif anak

Perilaku orangtua dalam mendidik sejak dini ternyata berkorelasi langsung dengan sikap, pribadi buah hati di masa mendatang. Jika salah melakukan pengasuhan, yang terjadi justru anak mempunyai sifat atau sikap negatif. Lalu bagaimana mendidik anak yang tepat sehingga menjadi anak hebat (incredible).

Tak ada sekolah khusus untuk menjadi orangtua. Tetapi, orangtua tetap perlu belajar menerapkan pola pengasuhan yang positif pada anak agar dapat membentuk karakter positif anak di masa depan.

Hanny Muchtar Darta dari EI Parenting Consultant mengungkap beberapa tips ataupun trik yang bisa menjadi rujukan:

1. Berkomunikasilah secara positif
Orangtua harus mempunyai persepsi bahwa anak itu unik dan mempunyai perbedaan dibandingkan anak yang lainnya. Jadi orangtua harus mempunyai kemampuan untuk membangun bakat yang dimiliki dengan cara yang positif. Kalau ibu ingin anaknya belajar bukan bilangnya “Jangan malas-malas”. Tapi akan lebih baik jika mengatakan “Ayo dong semangat belajar”.

(more…)

December 26, 2011 at 7:48 pm Leave a comment


Keep in your mind that your life just for Alloh

Categories

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My personality

Click to view my Personality Profile page

Blog Stats

  • 34,046 hits

Posting

Mutiara hikmah

September 2017
M T W T F S S
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Islamic Calendar