Aksara Sunda

Seminggu yang lalu, saya diamanahi menjadi bendahara lapangan salah satu sektor di SNMPTN 2012, untuk Lokal Bandung. Saya kebagian (atau lebih tepatnya request) untuk ditempatkan di sektor sekolah almamater tercinta, SMAN 3 Bandung, huhuy..  Itung-itung mengenang masa muda pencarian jati diri nan lincah bari rieut mikirin PR nu bejibun, wkwk.. 😀

Kantor sektor 09 IPA berada di kelas aksel yang jaman saya sih ruangan itu adalah kopgur (koperasi guru) tempat si aku dulu beli nasi goreng gulung telor atau gehu plus lontong saat istirahat kalau kebeneran ga bawa bekel dari rumah #curcol.
Sambil geje nungguin berkas ujian dateng dari 7 lokasi ujian, aku iseng mengeksplorasi benda-benda yang ada di dalam kelas itu. Pensil, pulpen, buku, taplak meja dekil, Al-Qur’an, Injil, kertas-kertas, plastik-plastik, sampai sampah-sampah bungkus makanan memenuhi laci meja, meja guru, hingga lemari, ckck.. Rasa penasaran pun muncul ketika saya tidak menemukan barang-barang yang “aneh”. Dan akhirnya, sangking gejenya, si saya membuka buku-buku siswa dan membaca kertas-kertas tersebut.

Ahaaa!!! Ni dia yang unik!!!
Ternyata tumpukan buku yang menjaga meja guru adalah buku tugas pelajaran bahasa sunda yang isinya adalah aksara sunda, sesuatu yang tidak pernah saya pelajari. Ternyata aksara sunda bentuknya mirip tulisan thailand, tapi aturannya sepertinya mirip penulisan hiragana-katakana dalam bahasa Jepang (soalnya cuma itu yang si gue tau). Ada aturan huruf dasar, huruf vokal, lalu aturan  jika diakhir menggunakan konsonan. Keren ya anak SMA sekarang belajar menulis aksara yang beginian, sepertinya menghafalkan bentuk-bentuk ini tidak kalah rumitnya dari menghafal rumus fisika atau matematika, ajiib bener dah otak mereka.. Wew, salut deh.. Saya mah cukup tau saja sepertinya, hehe.. 😀

Ini nih contoh aksara sunda dalam teks lagu Bubuy Bulan yang sepertinya dijadikan tugas oleh sang guru. Anda bisa membacanya kah? 😀

Advertisements

June 22, 2012 at 11:25 pm Leave a comment

Coklat hangat aroma rempah

Klo hawa Bandung lagi dingin-dinginnya atau pikiran lagi mumet atau tugas lagi numpuk, salah satu obat yang mujarab buat si gue adalah coklat hanget.
Muantaab tenan.. Menghangatkan sekaligus relaksasi.. 🙂

Minuman seduhan coklat mudah dibuat. Coklat panas serbuk dalam bentuk saset memang sudah banyak ditemui di supermarket dalam beberapa merek, ya tinggal beli aja, walau rada mahal euy, hehe.. #curhat

Biar rasa coklat panas itu ga biasa (ga rasa coklat pure), plus lebih menggiurkan aromanya, plus juga lebih menyehatkan, coba deh ditambah beberapa rempah. Walau buatnya rada ribet (ga hanya nuangin coklat saset trus ditambah air panas), tapi hasilnya menurut saya sih muaaantaab.

Caranya gimana? Kalau saya sih begini..

Rebus air hingga mendidih (atau bisa juga langsung gunakan air panas) kira-kira 2 gelas, lalu masukkan kayu manis, cengkeh, dan jahe bakar yang sudah dimemarkan secukupnya. Ukurannya, saya sih kira-kira aja, hehe.. Cengkeh sekitar 2 butir, jahe sekitar satu buku jari, kayu manis sekitar 2 cm. Atau bisa juga gunakan kayu manis, cengkeh, dan jahe bubuk yang sudah siap pakai (banyaknya suka-suka aja by feeling). Tunggu sampai aromanya keluar, lalu masukan satu saset coklat (atau bisa juga coklat bubuk, tapi risikonya jadi lebih pahit, tambahin gula aja), satu bungkus vanili, dan  gula sesuai selera. Kalau suka susu, bisa juga ditambahkan sedikit susu bubuk atau menggunakan susu cair sebagai pengganti air. Terakhir, tuang ke dalam dua gelas. Jadi deh coklat panas beraroma rempah buat berdua.

Satu saset coklat jadi dua gelas coklat panas beraroma rempah, irit dan lebih berkhasiat bukan? 🙂

June 7, 2012 at 8:29 pm Leave a comment

Hadish of the day

Beramalah kalian untuk akhirat kalian!
Karena sesungguhnya barangsiapa yang beramal untuk akhirat, maka Allah akan mencukupi untuknya perkara dunianya.
Perbaikilah amalan-amalan hati kalian, niscaya Allah akan memperbaiki amalan-amalan lahir kalian.
Perbanyaklah mengingat kematian dan persiapkanlah bekal dengan sebaik-baiknya untuk menempuh perjalanan akhirat sebelum datang kepada kalian pemutus dan penghancur segala kelezatan (kematian).

(Umar bin Abdul Aziz)

June 5, 2012 at 11:35 am Leave a comment

Ibumu, motivasimu

Kali pertama mengikuti rapat orang tua murid, guru TK berkata kepadanya, “Anak ibu hiperaktif, bahkan tdk bisa duduk tenang lebih dari tiga menit, lebih baik ibu periksakan anak ibu ke dokter.”

Dalam perjalanan pulang ke rumah, anak itu bertanya kpd ibunya apa saja yg tadi ibu guru sampaikan kpd dirinya, sang ibu merasa sedih sekali… air mata hampir saja berderai. Krn di antara 30 anak dlm satu kelas, hanya dia yg memperlihatkan sikap paling buruk, hanya terhadap dirinya ibu guru telah menunjukkan sikap tdk ramah.

Namun sang ibu lalu berkata kpd anaknya, “Guru telah memujimu, dia mengatakan bhw kau yg semula satu menitpun tdk betah duduk di bangku, sekarang sdh bisa selama tiga menit. Para ibu yg lain sangat iri pada ibu, krn seluruh kelas hanya anak kesayangan ibu, dirimu seorang yg mendapatkan kemajuan.”

Malam harinya, anak itu memecahkan rekor telah makan dua mangkuk nasi, dan tdk perlu bantu disuapi.

(more…)

June 5, 2012 at 11:06 am Leave a comment

Ta’ajub (berbangga diri)

Apabila seseorang sedang berbicara dalam suatu majelis, kemudian timbul dalam dirinya rasa ta’ajub (berbangga diri) dengan pembicaraannya tersebut, maka hendaklah ia diam. Sebaliknya, apabila ia sedang diam dalam suatu majelis, kemudian timbul dalam dirinya rasa ta’ajub dengan diamnya tersebut, maka hendaklah ia berbicara.
(Ubaidillah bin Abi Ja’far salah seorang ahli fikih dan ahli hikmah negeri Mesir pada zamannya)

June 4, 2012 at 11:00 pm Leave a comment

Tersenyum disela tumpukan kertas

Akhir2 semester, dosen itu sibuk sama ngolah nilai, termasuk si gue..
Tumpukan quiz yang belum diperiksa menanti dengan sabarnya, soalnya memang banyak banget godaan buat meriksa, dari mulai internet, nonton, pergi, masak, sampe kesehatan, dan juga tidur.. 😀

Hiburan yang si gue dapet klo lagi meriksa, yaitu klo nemuin jawaban anak2 yang lucu. Yah, cukup menghibur dan membuat tersenyum…
Walau senyumnya sambil mengernyit.. 😀

Yang kayak gimana sih yang bikin si gue tersenyum? Misal, salah ngitung yang anak SD juga tau klo itu salah, atau yang dengan seenaknya ngitung sesuatu yang ribet jadi ajaib begitu mudahnya, atau klo mereka suka komen kebingungan mau ngerjain gimana lagi di lembar jawaban..

Inilah contohnya :

jawaban quiz mahasiswa (1)

jawaban quiz mahasiswa (2)

jawaban quiz mahasiswa (3)

jawaban quiz mahasiswa (4)

#semoga pada ngerti dimana letaknya kocaknya :p

June 1, 2012 at 8:20 pm 2 comments

Resep Klappertaart Wilton

Kepingin buat kue ini nih setelah ketagihan ngicipin pas beli di Bogor..
Berhubung dapet resepnya secara tak sengaja dari sini, jadi kutitipkan dulu di blog buat dipraktekan ketika ada bahan2 dan waktu luang, aheeey.. 😀

Bahan :
1000 cc susu cair
250 gr Gula kastor
50 gr Tepung terigu
50 gr Tepung custard
50 gr Maizena
150 gr Mentega
6 btr Kuning telur; note by Riana: bisa ditambah max 3 btr
2 btr Kelapa muda; note by Shirley: tambah 1-2 butir lagi
100 gr Kenari panggang cincang
Kayu manis bubuk dengan takaran sesuai selera
Pasta Vanilla

Topping:
6 btr Putih telur
4 sdm Gula kastor
2 sdm Tepung terigu
Kismis direndam air hangat, peras
Kayu manis bubuk

Cara membuat:
Lapisan pertama

  • Panaskan 800 cc susu cair dan gula pasir
  • Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc susu cair, pastikan larut sempurna
  • Masukkan campuran susu dan tepung ke dalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup.
  • Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
  • Masukkan kenari dan kayu manis bubuk dan pasta vanilla
  • Masukkan kuning telur satu persatu
  • Masukkan kerukan daging kelapa muda, aduk rata
  • Masukkan adonan ke dalam cup sampai ¾ tinggi. Bakar dengan cara ditim (au bain marie) selama 15 menit dengan suhu 160° sampai ½ matang.

Topping

  • Kocok putih telur dengan mixer, gula dimasukkan sedikit sedikit sampai kaku
  • Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
  • Semprotkan topping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk (kerjakan ini dengan cepat karena oven tetap menyala saat topping ditambahkan)
  • Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan.

Beberapa tips :

  • Pada saat memanaskan susu cair dan gula, pastikan campuran sudah benar-benar panas (ada buih2 di pinggirannya) sebelum memasukan larutan tepung. Kalo belum panas adonannya nanti ga bisa mengental (ini juga hasil browsing2, hehehe)
  • Pada saat membuat larutan tepung, pastikan larut sempurna ya, jangan sampai masih ada yang bergerindil, nanti pada saat dipanaskan tambah parah gerindilannya. Caranya? Bisa dengan mengayak tepungnya terlebih dulu atau pada saat sudah jadi larutan, dituangkan dengan menggunakan saringan ke campuran susu panas,  jadi yang gerindil2nya ketahan saringan
  • Baking yang pertama ga selalu 15 menit, tergantung suhu oven. Kalo saya kemarin sekitar 25 menit baru saya kasih topping. Diliat aja kalo warna permukaannya sudah sedikit lebih tua dr warna adonan, bisa langsung dikasih topping.
  • Baking kedua tergantung juga waktunya, kemarin saya 25 menit juga.

June 1, 2012 at 7:41 pm Leave a comment

Hadish of the day

Tidaklah datang suatu hari dari hari-hari di dunia ini melainkan ia berkata, ‘Wahai manusia! Sesungguhnya aku adalah hari yang baru, dan sesungguhnya aku akan menjadi saksi (di hadapan Allah) atas apa-apa yang kalian lakukan padaku. Apabila matahari telah terbenam, maka aku akan pergi meninggalkan kalian dan takkan pernah kembali lagi hingga hari kiamat.’

(Al-Hasan)

May 29, 2012 at 11:10 am Leave a comment

With your L.O.V.E

27 tahun hidupku…

ungkapan kegembiraan dari orang-orang terkasih, luv you all 🙂

May 27, 2012 at 11:00 pm Leave a comment

Welcoming Ramadhan

Allahuma bariklana fii rajaba wa syaban wa balighna ramadhan…
Ya Allah berkahilah kami di bulan rajab dan syaban dan sampaikanlah kami pada bulan ramadhan…

Bulan ramadhan tahun ini sungguh nikmat, tanpa kuliah, tanpa kerja..
Semoga disampaikan padanya dan semoga dapat memaksimalkannya..

Baca-baca lagi yuuk Khutbah rasulullah menyambut ramadhan

May 22, 2012 at 10:34 am Leave a comment

Older Posts Newer Posts


Keep in your mind that your life just for Alloh

Categories

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

My personality

Click to view my Personality Profile page

Blog Stats

  • 34,043 hits

Posting

Mutiara hikmah

September 2017
M T W T F S S
« Jul    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

Islamic Calendar